Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Berkunjung Di Gunung Bromo

Gunung Bromo yang berlokasi di Jawa Timur menawarkan keindahan pesona alam yang luar biasa. Gunung ini cukup unik lantaran karakteristik kawasan pegunungannya terlihat seperti membentuk guratan-guratan hijau yang artististik ketika diamati dari kejauhan. Pemandangan makin cantik ketika kabut tipis membalut tubuhnya di pagi hari. Jika di bulan Juli ini berencana ke Gunung Bromo beberapa aktivitas ini bisa kamu lakukan.

1. Melihat embun es

Embun es di pagi hari bromo

Beberapa wilayah di Indonesia sedang mengalami cuaca ekstrem tak terkecuali dengan kawasan Bromo. Embun upas di Gunung Bromo bisa dinikmati wisatawan di beberapa titik yakni di Cemoro Lawang, Lautan Pasir, serta di Penanjakan. Diperkirakan puncak fenomena embun es akan terjadi sekitar bulan Agustus. Pastikan kamu datang pagi hari sekitar pukul 05.00-06.00 WIB untuk menikmati salju van Java.

2. Melihat upacara adat suku tengger

Upacara adat yadha kasada bromo

Acara ini akan berlangsung tanggal 13-17 Juli 2019, ini merupakan upacara adat masyarakat Suku Tengger yang tinggal di Kawasan Gunung Bromo. Yadnya Kasada dilaksanakan setiap bulan Purnama pada bulan Kasada. Yadnya Kasada merupakan ungkapan rasa syukur dan permohonan kepada Sang Hyang Widhi melalui rangkaian kegiatan yang dimulai dengan “mendhak tirta” (mengambil air suci). Acara diakhiri dengan melempar sesaji ke kawah Gunung Bromo. Untuk menyongsong ritual tersebut diselenggarakan Eksotika Bromo yang mempertemukan puncak-puncak kesenian Indonesia yang disajikan di lautan pasir Gunung Bromo.

3. Melihat jazz gunung

Jazz gunung jiwa jawa bromo

Jazz Gunung merupakan penampilan musik jazz bertaraf internasional yang diselenggarakan di Bromo. Dalam acara ini para musisi baik nasional maupun internasional dihadirkan. Mereka nantinya akan tampil di amphitheater yang merupakan lokasi alam terbuka beratap langit dengan latar belakang  pemandangan alam yang indah. Jazz Gunung di Gunung Bromo akan dilaksanakan pada 26-27 Juli 2019.

4. Menikmati keindahan matahari terbit di gunung bromo

View point sunrise di penanjakan 1

Datang ke Gunung Bromo, hal yang paling tak boleh dilewatkan adalah menikmati matahari terbit di gunung ini. Bulan terbaik menikmati matahari terbit di Gunung Bromo adalah kisaran Bulan Juni, Juli dan Agustus. Datang ke Gunung Bromo pada bulan Juli adalah waktu yang tepat. Saat musim kemarau seperti bulan Juli ini, jumlah kabut tidak terlalu banyak, sehingga paduan pemandangan Bromo, gunung-gunung di sekitarnya, matahari terbit serta kabut tipis yang membaluti gunung, membuat eloknya pagi tak akan terlupakan. Ada beberapa tempat yang bisa Kamu gunakan untuk melihat sunrise di Gunung Bromo, diantaranya adalah Puncak Penanjakan, Bukit Cinta, Puncak Seruni Point, serta Bukit Mentigen.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Berkunjung Di Gunung Bromo

by admin time to read: 2 min
0
Open chat
1
Apa yang anda butuhkan ?
Apa yang bisa kami bantu ?
Powered by